Translation Workshop Dibuka; PNP Harapkan Kerjasama dengan Asia Foundation Multijurusan

Translation Workshop Dibuka; PNP Harapkan Kerjasama dengan Asia Foundation Multijurusan

 

PNP News. Storytelling meningkatkan kemampuan bahasa pada anak yang meliputi kemampuan berkomunikasi, menulis, memahami alur cerita, serta menumbuhkan kreativitas berimajinasi dan memberikan ide-ide baru. Bagi mahasiswa, storytelling mengasah kemampuan berbicara dan mendengarkan dalam bahasa Inggris, melatih pronunciation (pelafalan), menambah pembendaharaan kosakata, frase, dan idiom bahasa Inggris; serta meningkatkan rasa percaya diri dalam berbahasa Inggris.

 

Hal itu diungkapkan Wakil Direktur 1, Revalin Herdianto, S.T., M.Sc., Ph.D. Herdianto dalam pembukaan “Translation Workshop: Empowering New Comer Translator’s Capacity and Identity-Translating, Sharing, Inspiring” di Aula Gedung C, Lantai 2, Gedung Pustaka, Kampus Limau Manis, pada Kamis, 24 November 2022 di Kampus Limau Manis Padang.

 

 

Di sisi lain, Wadir 1 PNP ini berharap Jurusan Bahasa Inggris bisa memediatori kerjasama dengan Asia Foundation untuk jurusan lain, seperti Jurusan Teknologi Informasi yang memproduksi animasi untuk cerita anak dan Jurusan Teknik Mesin dan Elektro yang memproduksi robotik dan mekatronik.

Film animasi memiliki fungsi sebagai alat penghibur dan sebagai media edukasi untuk anak, begitu juga halnya dengan robotik dan mekatronik. Workshop itu diselenggarakan berkat kerjasama Jurusan Bahasa Inggris PNP dengan The Asia Foundation dan Litara Foundation. The Asia Foundation adalah organisasi pembangunan internasional nirlaba yang berkomitmen untuk “meningkatkan kehidupan lintas Asia yang dinamis dan berkembang dengan program pembangunan ekonomi, hukum, pemberdayaan perempuan, lingkungan, dan kerja sama regional. Di sisi lain, Yayasan nirlaba Litara bergerak di bidang literasi anak melalui pelatihan penulis/illustrator, guru, dan orangtua; produksi dan donasi buku anak; pendirian taman bacaan masyarakat, dan lainnya.

 

 

 

Mekatronik merupakan gabungan dari beberapa cabang ilmu keteknikan, di antaranya: Teknik Mesin/Mekanik, Teknik Kontrol, Teknik Elektro, dan Pengetahuan Perangkat Lunak (software) dengan tujuan untuk menghasilkan suatu produk atau mesin otomatis yang cerdas dengan kinerja yang optimum.

Robotik (serapan dari kata robot) merupakan perangkat elektronik yang diprogram untuk melakukan tugas manusia secara otomatis. Setiap robot yang dibuat dengan teknologi yang mendukung, bisa menjadi sebuah benda yang bisa mempermudah hidup manusia.

 

 

Kepala UPT Bahasa, Politeknik Negeri Padang, Sumira, M.Pd. melaporkan, workshop yang seyogyanya berlangsung hingga 25 November 2022 menghadirkan fasilitator dan mentor penerjemah dan editor professional. Mereka adalah Eva Nukman (penerjemah, penulis, dan editor), Anna Farida (penerjemah, Direktur Program Yayasan Litara), Dian Kristiani (editor dan penulis buku anak), Ricky Zulkifli (penerjemah, Ketua Himpunan Penerjemah Indonesia Komisariat Daerah Jawa Barat 2016—2019), Erna Fitrini (penerjemah dan penulis buku anak).

VOKASI KUAT, MENGUATKAN INDONESIA!

 

 

 

 

d®amlis